Umbi, Pati dan Buah Dipercaya Mampu Menjaga Kebersihan Usus, Begini Cara Menkonsumsinya Rutin

Umbi, Pati dan Buah Dipercaya Mampu Menjaga Kebersihan Usus, Begini Cara Menkonsumsinya Rutin

Buah buahan di dalam kulkas --

KARAWANGBEKASI.DISWAY.ID- Usus memegang peran penting dalam menjaga pencernaan tubuh, oleh karenanya usus harus rutin dibersihkan.

 

Tapi, bagaimana cara membersihkan usus? Apa harus berpuasa?. Kamu tidak perlu berpuasa untuk membersihkan usus. Karena ada sejumlah makanan yang bisa membantu tubuh membersihkan kotoran pada usus.

 

Salah satu cara untuk membersihkan usus adalah dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk sistem pencernaan. Makanan pembersih usus ini bekerja dengan membantu menggerakkan sisa makanan melalui sistem pencernaan hingga dikeluarkan dari tubuh.

BACA JUGA:Mengisi Energi dengan Menyendiri, Berikut Ciri-ciri Kepribadian Introvert

 

Secara tidak langsung, makanan inilah yang berperan besar dalam membantu melancarkan buang air besar (BAB) dan mengeluarkan racun, sehingga tubuh terasa lebih bersih dan segar. Kira kira apa saja ya makanan pembersih usus itu? Simak informasinya dibawah ini.

 

1. Makanan Prebiotik (Bawang, Apel, Pisang, Ubi)

 

Makanan prebiotik berfungsi sebagai makanan bagi bakteri baik di usus. Dengan mengonsumsi makanan ini, Kamu dapat membantu pertumbuhan bakteri baik yang penting untuk kesehatan usus.

 

Contoh makanan yang mengandung prebiotik meliputi daun bawang, bawang merah, apel, pisang, dan ubi jalar. Menjaga keseimbangan mikroorganisme dalam usus dapat mencegah masalah pencernaan dan menjaga usus tetap bersih dan sehat.

 

2. Makanan Probiotik (Yogurt dan Kimchi)

 

Probiotik adalah bakteri baik yang sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Mengonsumsi makanan yang kaya probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan flora usus dan memperlancar buang air besar.

BACA JUGA:Apakah Kamu Termasuk? Ciri-ciri Kepribadian Ambivert, di Tengah-tengah Ekstrovert dan Introvert

 

Contoh makanan probiotik yang umum adalah yoghurt, kimchi, dan makanan fermentasi lainnya. Probiotik berperan dalam membersihkan usus dengan memastikan bakteri baik mendominasi, sehingga dapat mencegah pertumbuhan bakteri jahat yang menyebabkan infeksi dan masalah pencernaan lainnya.

 

3. Makanan Pati Resisten (Jagung, Ubi, Kentang)

 

Pati resisten adalah jenis karbohidrat yang sulit dicerna oleh tubuh, tetapi bermanfaat bagi kesehatan usus karena difermentasi di usus besar. Proses fermentasi ini menghasilkan asam lemak rantai pendek yang memberi makan bakteri baik di usus.

 

Contoh makanan yang mengandung pati resisten termasuk jagung manis, ubi jalar, kentang, nasi putih, dan kacang merah. Selain membantu membersihkan usus, makanan yang mengandung pati resisten juga dikenal dapat mencegah kanker usus besar, mengontrol diabetes, dan menjaga keseimbangan hormon.

 

4. Air Lemon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: